Tuesday 28 January 2014

Bus Cinta


Mungkin ini terdengar aneh untuk semua orang, kebanyakan orang diumur 20 tahun sudah bisa pernah merasakan indahnya jatuh cinta pada seorang kekasih hati, tetapi tidak dengan pemuda yang bernama Ryan. Dia adalah seorang mahasiswa fisika di Universitas Indonesia, selain pandai dia juga aktif dalam organisasi dikampusnya. Meskipun dia dari keluarga yang kaya, tetapi dia lebih suka menumpang bus. Bagi ryan menumpang bus, dia dapat hidup sederhana dan mengenal orang dengan berbagai profesi. Kadang dia rela berdesak-desakan dan berdiri untuk naik bis. Sejak dari semester satu sampai saat ini dia tak pernah bosan  dan mengeluh dengan hal ini, sehingga tidak heran jika kondektur bus tersebut mengenal ryan.
Hari ini terasa aneh tidak seperti biasanya, keadaan bus yang semula penuh keheningan kini berubah menjadi canda dan tawa. Kehadiran seorang wanita tampaknya memberi warna di bus itu. Hanya dengan memberikan permen kepada seluruh orang yang ada di bus itu, di tambah lagi dengan sifatnya yang ramah dan memberikan senyum pada orang, tak pandang pria,  wanita, tua maupun muda.
Saat  ryan turun dari bus, ternyata wanita itu satu kampus dengan ryan, perlahan-lahan gadis itu mendekati ryan.
“perkenalkan namaku Yenita semester baru dari fakultas sastra bahasa korea, kalau boleh tahu nama kakak siapa” tanya yenita
“namaku Ryan Putra dari fakultas fisika semester 5 ”
“kakak, mohon petunjuknya, dimana lokasi untuk gedung sastra bahasa korea”
“dari sini lurus, ada pertigaan terus belok kiri”
“trima kasih kakak” sambil yenita memberikan  lima permen pada ryan
Ryan hanya tersenyum melihat tingkah dia, segera dia mengambil permen dan meningalkan yenita tanpa kata-kata apapun.
Lagi-lagi saat pulang dari kampus ryan satu bus dengan yenita, dia tetap sama seperti hal yang tadi memberikan permen dan sekaligus senyumnya. Anehnya hal itu tidak dilakukan hanya sekali, dia melakukan setiap hari. dengan semangat yang luar biasa , bahkan dia selalu tersenyum saat memberi, meskipun kadang hatinya dalam kondisi buruk. Hal ini yang mendorong ryan mendekatinya, perlahan-lahan ryan mendekati yenita, dari meminta nomor, pin bb dan twitternya. Selama ryan dekat dengan yenita. Ryan yakin bahwa yenita seorang yang baik, dilihat dari statusnya sehari-hari dia tak pernah mengeluh , wanita seperti ini yang dicari ryan selama ini, yang memiliki kepedulian terhadap sesama dan selalau bersyukur.
Hari ini ryan berencana untuk mengajak kencan yenita, namun dia sangat bingung, karena pertama kalinya dia akan melakukan kencan. Akhirnya dengan keberaniannya dia menelpon yenita.
“tuuuuuttt”
“ia hallo kakak ryan, ada urusan apa”
“ayo kencan denganku di kafe putih, pukul 8 malam”
Terdengarsuara ryan yang gemetar tadi membuat yenita bingung, apakah dia hanya bercanda atau serius, karena ryan tadi segera menutup teleponnya. Akhirnya yenita memutuskan untuk bertemu dengan ryan. Ryan sangat gugup sekali, apa yang harus dikatakan pada saat kencan, untung saja dia segera berinsiatif searching informasi  melalui internet.  Baru pertama kali ini, ryan melakukan hal yang dirasa tidak masuk akal dalam hidupnya. Berkat informasi di internet, membuat kencan pertama ryan berhasil, tampaknya yenita juga menyukai kencan hari ini.
Semakin hari, ryan mengenal yenita semakin memantapkan hati ryan untuk menjatuhkan hati nya pada yenita.  Ryan yakin bahwa wanita ini yang akan membawanya kedalam warna-warni cinta, dialah wanita yang selalu didambkan. Namun ryan belum berani mengungkapkan perasaan ini padanya. Sudah tiga tahun ryan mengenal yenita, walaupun sudah lulus dia menyempatkan diri untuk menumpang bus dan tak enggan dia juga memberikan permen kepada penumpang seluruh bus. Setiap hari mereka melakukan hal itu. Kadang ryan rela bolos kerja hanya untuk menemani yenita.
Akhir-akhir ini tampaknya yenita jarang membalas pesan dari ryan, ini membuat gelisah ryan. Keesokan harinya dia tak bertemu yenita dibus.  Dia bertanya-tanya pada seluruh penumpang dibus, tapi tak ada satupun yang mengetahui keberadaan yenita sekarang. Hal ini benar-benar membuat ryan bingung. Tiga hari selama kepergiannya tak ada kabarpun dari dirinya. Dia tetap saja menumpang bus dan memberikan permen kepada seluruh penumpang seperti yang dilakukan yenita. Perlahan-lahan ada seorang pemuda memberikan sepucuk surat padanya, surat itu ternyata dari yenita. Ryan sangat gembira sekali, tak pikir panjang dia segera membukat surat itu.
Dear Kak Ryan
Ketika membaca ini, yenita sudah ada dikorea untuk bekerja sebagai duta dan menetap disana untuk selamanya kak, maafkan aku tak memberitahu kakak, soalnya ini juga terburu-buru. Jujur ya kak, selama kakak ada didekatku, aku merasa bahagia dan nyaman dan ada perasaan yang lebih sekedar dari teman, kakak-adik dan aku belum tahu tentang hal itu, aku yakin kakak itu orang baik, karena selama kakak didekatku kakak tak berbuat aneh-aneh, aku juga berdoa semoga kakak sukses dan bahagia bersama pendamping hidup kakak kelak.mungkin kita takkan bertemu lagi, tapi satu pintaku, kakak tetap memberikan permen ya? bila menumpang bus yang ditumpangi kakak. Kakak harus berbagai kabahagian dengan sesama ituah yang dinamakan kebahagian, bila Tuhan memberikanku satu permintaan yang terkabul, aku akan meminta agar aku bertemu dengan kakak walaupun hanya sekali. Hehehehehehehehehehehhe…………………..
Dari Yenita
Mata ryan berkaca membaca curahan hati yenita , dia tidak bisa menahan air mata hingga dia menangis, semua penumpang yang ada dibus, menatap kepada ryan, segera penumpang yang ada di bus menghampiri ryan, mereka berusaha menghibur ryan, hingga dia mengungkapkan perasaannya kepada seluruh penumpang. Seluruh penumpang mendengar pengakuan ryan, hingga mereka juga meneteskan air mata. Seluruh penumpang yang ada di bus memberikan saran kepada ryan agar memperjuangkan cintanya walau harus melewati badai, hujan dan salju semua harus dilalaui.
Sejak kejadian itu ryan belajar bahasa korea, harus diakui ryan tak begitu suka dengan bahasa ini. Dari segi penulisannya maupun pengucapannya. Dia mengambil kursus selama satu tahun, setiap harinya dia belajar , hingga dia lupa untuk makan, bukan itu juga, dia juga melepaskan pekerjaannya , padahal pekerjaan sangat sulit untuk didapatkannya. Hebatnya dalam waktu tujuh bulan ryan sudah mahir dalam berbahasa korea, tak harus menunggu waktu yang lama, ryan segera berpamitan kepada orang tuanya. Awalnya mereka tidak setuju dengan keputusan ryan, tapi melihat semangatnya yang membara, orangtuanya tak mampu menghancurkan mimpinya.
Sebelum Ryan berangkat , ia berpamitan kepada teman-teman yang di bus didekat kampusnya yang dulu. Dengan hati gembira ryan berangkat dan teman-teman yang ada di bus mengantakan dia sampai ke bandara.
Sesampai disana ryan segera mencari alamat tersebut, ternyata rumah tersebut sudah jual. Dia berusaha bertanya kepada tetangga yang didekat rumah yenita tersebut, ryan begitu tekejut ketika yenita hari ini menikah pukul 3 sore. Jam menujukan pukul 12.00. ryan sangat kebingungan, akhirnya dia mencari taksi untuk mencari  alamat tersebut. sepertiny hari ini bukan hari keberentungan ryan, karena seoul hujan deras dan macet total. Dia berinsiatif keluar dari taksi dengan segera mencari alamat tersebut seperti yang telah diberi petunjuk taksi tersebut. dia berlari kencang bahkan lebih hebat dari juara marathon bahkan juga lebih hebat dari perjuangan mimpinya. Saat dijalan kakinya terkena pecahan kaca, hingga kakinya mengeluarkan darah banyak, hal itu tak membuatnya menyerah , ia tak peduli dengan kondisinya saat ini, yang dia inginkan hanya untuk memperjuangkan cintanya.
Ternyata hari ini banyak pernikahan , dia mencari dari satu kegedung ke gedung lain sampai kakinya bercucuran darah. Dia melihat foto yenita dengan calon suaminya, tampaknya dia begitu bahagia, sempat ryan ingin tidak mengungkapkan perasaanya, tapi telah banyak yang dia korbankan. Ryan masuk ruang pernikahan itu, dia melihat yenita tampak bahagia bahkan lebih bahagia saat bersama ryan.
“ Yenita” nada suara ryan yang begitu keras
“Kak Ryan” Jawab yenita terkejut.
Yenita begitu bahagia melihat ryan datang kemari. Ryan menceritakan persaannya selama ini kepada yenita, dia tidak peduli cintanya apakah akan bertepuk sebelah tangan atau tidak. Tenyata selama ini yenita juga mencintai ryan, tapi apa kata takdir kini, yenita sudah menikah dengan pria yang sukses dan dia juga dari Indonesia juga. Hati ryan begitu sakit berkeping-keping, seperti seribu duri menusuk jantungnya. Sebelum dia pulang ke Indonesia, dia meminta izin kepada suami yenita untuk memeluk yenita sebagai tanda perpisahan.
Setiba di Indonesia ryan menceritakan hal-hal itu kepada teman-teman dan keluarganya. Mereka sangat kecewa dengan sikap yenita, tapi ryan memaklumi hal itu, ini semua kesalahan ryan yang menunda-nunda mengatakan persaanya itu. Ryan kini menjalani hari-hariya dengan ringan, dia tetap memberi permen kepada bus-bus yang dia tumpangi. Memang yenita tak bisa dimilki ryan, tapi ryan pernah memiliki hati yenita selama dia ada didekatnya dan itu adalah kebahagian yang terbesar dalam hidupnya. Meskipun berat menerima semua ini, tapi ryan yakin dia akan mendapat jodoh yang tepat seperti yenita yang sudah didekatnya tetapi dia tak mengambil kesempatan itu.
Sore itu ryan pulang dari kerjanya dia tetap memberiakan permen kepada penumpang. Dia terkejut melihat yenita dihadapannya
“Yenita, kok kamu disini”
“Aku kesini untuk membawa Cintaku yang tertinggal disini”
“Loh siapa itu”
“Kamu, kakak” jawabnya dengan senyumnya yang merekah
Ryan benar-benar terkejut mendengar perkataan yenita tadi, kemudian yenita menceritakan apa yang terjadi selama di korea. Sejak ryan datang dalam pernikahan tersebut, ternyata yenita belum bisa melupakan ryan, melihat hal itu, suami yenita tak tega dan dia rela melepaskan yenita, asalkan yenita bahagia dengan orang yang dicintai dan mencintainya.
Ryan tak sabar lagi menikah dengan yenita, dia tak ingin membuang waktu lagi, tak beberapa lama ryan menelpon penghulu, orang tuanya dan orang tua yenita. Akhirnya yenita dan ryan menikah di bus, pernikahan tersebut berlangsung gembira ditambah lagi dengan keliling kota depok jawa barat.
Walaupun sudah menikah, mereka tetap membagikan permen kepada bus yang mereka tumpangi, dengan berbagai sesuatu kepada orang lain, mereka juga dapat menerbarkan kasih sayang kepada orang lain dan mereka berdua juga akan memwariskan hal ini kepada anak-anaknya kelak dimasa depan
By Yeni Wulansari


2 comments:

  1. :) kembangkan terus kreasi imajinasi anda. Saya menyukai cerita ini.

    ReplyDelete
  2. Thnks tlh visit my blog, oke ak akan ak kembngkn sgala potensiku dalam menulis

    ReplyDelete